Sabtu, 03 November 2012

 JavaScript merupakan bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang berfungsi untuk   memberikan tampilan lebih interaktif pada dokumen web. Dengan kata lain, bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan ke dalam bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) dengan mengizinkan pengeksekusian perintah-perintah pada sisi client, dan bukan sisi server dokumen web. pada hakikatnya, bahasa pemrograman JavaScript berisi skrip yang iptpemasangannya terselip di sebuah dokumen HTML. Sehingga bahasa JavaScript ini tidaklah memerlukan sebuah kompilator atau penerjemah khusus untuk mengeksekusinya. Hal tersebut juga tergantung pada sebuah navigator di setiap browser. 





**Perbedaan JavaScript dan Java**
Dari segi penamaan, sekilas JavaScript dan Java memang hampir sama. Tidak jarang orang  salah konsepsi dalam pengertian kedua bahasa tersebut dan beranggapan bahasa  pemrograman Java merupakan bagian dari pemrograman JavaScript. Oleh karena itu, penulis akan menjelaskan perbedaan dari dua bahasa tersebut. Berikut keterangan suatu tabel yang berisi beberapa perbandingan mendasar antara JavaScript dan java :
**Bentuk terapan JavaScript**
Untuk mulai menerapkan program JavaScript dalam web, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seorang perancang web, yaitu :
  • Seorang perancang harus mengetahui cara menggunakan HTML dan mengedit dokumen HTML.
  • Seorang perancang harus menggunakan browser yang sudah mendukung pemrograman JavaScript, misalnya Internet Explorer versi 4 atau di atasnya, NetScape versi 3 atau versi di atasnya.
Dengan JavaScript, sebuah halaman web akan menjadi lebih dinamis dan interaktif terhadap user karena halaman web mampu berfungsi sebagai sebuah program aplikasi yang dapat memproses masukan yang diberikan user dan memberikan hasil yang sesuai dengan yang diprogramkan. Halaman web yang merupakan jawaban dari suatu permintaan user tidak harus di-download terlebih dahulu dari web server, melainkan dihasilkan sendiri oleh JavaScript yang ada pada browser.
Berikut perbedaan cara kerja halaman web biasa dengan halaman web dengan JavaScript dalam hal proses penjawaban terhadap masukan user yang dapat dilihat pada gambar di bawah :
 Cara kerja : Lebih berat untuk membuka halaman web yang ada.
Cara kerja :
Dari proses JavaScript, beban server akan menjadi lebih ringan dan halaman web akan jauh menjadi lebih cepat merespon, bahkan pada hubungan internet yang paling rendah sekalipun. Pada prakteknya, penggunaan JavaScript dalam pembuatan web yaitu dengan memasukkan program ke dalam HTML. Adapun contoh dari skrip atau kode program yang menunjukkan bahwa kode tersebut merupakan skrip dari JavaScript adlh sebagai berikut :
<script type="text/JavaScript">
*kode skrip ditulis di sini*
</script>

**Konsep yang perlu diperhatikan**
Dalam penulisannya, JavaScript termasuk kategori bahasa yang casesensitive artinya sangat membedakan penamaan variabel dan fungsi dalam penggunaan antara huruf besar dan huruf kecil, misalnya penulisan variabel dengan nama INT berbeda dengan variabel dengan nama int. Perintah lain misalnya ditulis new status (penulisan dengan huruf kecil). Sedang dari sisi penutupan tiap baris variabel harus diakhiri oleh instruksi tanda titik koma (;) yang hampir sama dengan bahasa Java atau pemrograman C.
Piranti pengolahan program editor yang digunakan dalam pembuatan kode program JavaScript sangatlah mudah dan bervariasi, dari penggunaan aplikasi Dreamweaver, Notepad, EditPlus, dan masih banyak lagi.
**Kelebihan dan kekurangan**
Dalam penulisan bhaasa pemrograman, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan program bahasa JavaScript. Adapun kelebihan dari penggunaan JavaScript adalah sebagai berikut :
  • Lebih Praktis dan mudah sebab bahasa pemrograman JavaScript memiliki sedikit sintak.
  • Koneksi cepat sebab peletakan program terdapat di sisi client, berukuran file sangat kecil, dan dapat langsung dijalankan oleh browser.
Sedangkan kekurangan dari bahasa pemrograman JavaScript antara lain :
  • Pengelolaan objek dalam JavaScript sangat terbatas.
  • Penggunaan Script dapat di-copy langsung melalui sebuah web browser, sehingga setiap orang dapat menggunakan program JavaScript yang telah anda buat.

Daftar Pustaka  :
-. 2010. Menguasai Pemrograman Web dengan JavaScript 2009, Edisi I. Yogyakarta, Semarang: ANDI Yogyakarta, Wahana Komputer Semarang.
 ( Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan posting)
Terima kasih telah mengunjungi dan membaca postingan di blog saya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar